KOPI Indonesia yang dipasarkan di Amerika Serikat dikenal sebagai kopi sumatra, sulawesi dan lain sebagainya, tanpa menyebutkan Indonesia. Sedangkan kopi lainnya dipasarkan dengan negara asalnya sebagai bagian dari branding.
Penyebab utama fenomena ini adalah jarang ada roaster atau pemasar dari Indonesia. Jika pelaku industri adalah orang Amerika, branding kopi dengan asal kopi yang terkesan eksotis terkesan lebih menarik. Merek kopi yang benar-benar berasal dari Indonesia pun belum terdengar di pasar AS, sedangkan branding penting untuk memasarkan roasted coffee.
Seperti dikutip dari kemendag.go.id, penggemar dan ahli kopi sudah mengenal kopi dari Indonesia, namun di mata konsumen awam kopi Indonesia belum dikenal. Pasar retail kopi di AS sangat sulit untuk ditembus karena begitu banyak pemainnya, usaha pemasaran yang konsisten, ditemani dengan branding yang kuat, akan mendukung penjualan.
Distributor kopi hanya akan bekerjasama dengan merek-merek kopi yang sudah dikenal oleh industri dan konsumen. Maka investasi awal yang terpenting adalah pemasaran langsung ke konsumen, lalu pengenalan ke retailer.
Untuk membangun jaringan dan pengaruh yang kuat di industri kopi di AS, eksportir dari Indonesia dianjurkan untuk mencari rekanan yang saling menguntungkan. Rekanan utama yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang kopi Indonesia adalah kalangan roaster dan pers.
Roaster yang progresif pasti memiliki komunitas di mana mereka bersaing, tetapi juga berbagi pengetahuan. Contoh komunitas yang perlu didekati adalah Specialty Coffee Association of America dan National Coffee Association USA, yang mengadakan pameran industri kopi terbesar di AS setiap tahunnya yaitu di Seattle (pusat industri kopi).
Pers tentunya terlibat juga di komunitas industri kopi, terutama media cetak dan online (termasuk bloggers) yang menulis tentang perkembangan, inovasi dan berita-berita menarik tentang kopi.
Contoh media industri kopi yang terdepan adalah: http://dailycoffeenews.com, http://sprudge.com, http://www.roastmagazine.com. Contoh bloggers yang paling banyak diikuti di industri kopi adalah: http://ineedcoffee.com, http://www.coffeestrategies.com dan http://www.frshgrnd.com.
Comments
Post a Comment
Anda Berkomentar Maka Saya Ada