Skip to main content

Seni Wawancara Radio, Suatu Kebutuhan

Judul : Seni Wawancara Radio
Judul Asli : Interviewing for Radio
Penulis : Jim Beaman
Penerjemah : Christian Evert dan Wandy N. Tuturoong
Penerbit pertama : Routledge, 2000
Penerbit : Radio 68H (PT Media Lintas Inti Nusantara),
Cetakan Pertama, Juni 2002
Tebal : x + 235 halaman

LIMA tahun terakhir, berita radio bukan sekadar insert suatu program tetapi telah menjadi program tersendiri. Pengelola radio siaran ramai-ramai menyediakan space acaranya untuk menyiarkan berita. Format acara pun ada yang berubah total tetapi ada juga yang cuma menggeser-geser acara yang kurang diminati pemasang iklan.

Fenomena ini juga diikuti kelahiran kantor berita radio dan jaringan advokasi radio siaran hingga ke pelosok kabupaten. Pada Oktober 1998 lahir Kantor Berita Quadrant. Kantor berita ini menyuplai berita untuk grup sendiri di bawah manajemen Masima Corporation, seperti Prambors, M97, Delta, Female, Bahana, dan radio satu grup yang berada di daerah.

Setahun kemudian, tepatnya April 1999 Institut Studi Arus Informasi (ISAI) secara resmi mengoperasikan Kantor Berita Radio 68H yang berlokasi di Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur. Dana yang dihabiskan untuk membangun kantor berita itu mencapai Rp 2 miliar dari hibah Media Development Loan Fund (MDLF) dan Asia Foundation. Berbeda dengan Quadrant yang dibentuk setingkat divisi pemberitaan, 68H dibuat sangat serius dan memiliki 130 jaringan radio di daerah. Radio-radio di daerah juga mengirimkan berita ke pusat yang kemudian disebarkan kembali melalui satelit ke seluruh jaringan di 20 provinsi dan luar negeri.

Sayangnya, masih banyak pemberitaan radio yang dibuat asal jadi. Malah ada beberapa stasiun radio yang “malas” dan cukup mengutip dari koran harian atau situs di internet. Ini bisa dimaklumi karena jurnalisme radio di Indonesia terbilang baru dipraktikkan, setelah sebelumnya di masa Orde Baru dimanjakan sekaligus dipaksa untuk merelay 13 program berita dari RRI.

Satu di antara beberapa kelemahan jurnalisme radio di Indonesia adalah dalam soal teknik wawancara. Wawancara sebagai metode untuk mengungkap fakta dalam jurnalisme, jelas bukan hanya sebatas tanya-jawab yang linier antara sumber berita dengan reporter atau presenter dalam talk show. Ada hal yang lebih luas dalam wawancara yaitu seni wawancara. Soal seni wawancara ini yang rata-rata tak dikuasai reporter-reporter pemula. Bahkan tak menutup kemungkinan dialami juga reporter senior.

Untuk kasus terakhir, mungkin bisa dijadikan contoh saat Direktur Radio 68H Santoso begitu percaya diri ketika mewawancarai Xanana Gusmao ketika masih menjadi tahanan pemerintah Indonesia di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Boleh dibilang Santoso adalah wartawan senior yang sudah malang-melintang di jagat pers sehingga sempat digebuk Orde Baru karena termasuk pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Namun ketika akan memindahkan hasil wawancara dari pita kaset ke sistem digital, Santoso harus kecewa karena hanya mendapatkan suara mendengung. Setelah berpikir sejenak, Santoso baru tahu suara itu bersumber dari kipas angin yang dipasang di pojok ruangan ketika wawancara berlangsung. ( hal. vii)

Dari sini jelas bahwa wawancara bukan perkara sederhana. Selain itu, untuk wawancara radio jelas berbeda dengan wawancara jenis lainnya baik dari segi teknik, prosedur, dan pendekatan. Wawancara radio juga membutuhkan kualitas suara yang prima serta pernyataan narasumber yang bernilai berita tinggi.

Kiranya, penerbitan buku Seni Wawancara Radio bisa menjadi medium pencerahan bagi reporter radio siaran di Indonesia. Buku yang ditulis Jim Beaman, yang sangat berpengalaman di Radio BBC Inggris ini, cukup lengkap mengulas hal-hal yang berkaitan dengan wawancara.

Dalam bab pertama misalnya, diulas sejarah wawancara di Inggris. Bab dua mengulas peran dan tujuan wawancara radio yang mencakup hal-hal yang membuat suatu wawancara mengesankan dan dikenang, alasan narasumber bersedia diwawancarai hingga jenis-jenis wawancara.

Memasuki bab tiga pembaca disuguhi bahasan panduan dalam wawancara berupa kode etik yang harus dipatuhi reporter. Misalnya, bagaimana mewawancarai pelaku kriminalitas, anak-anak, hingga wawancara hit and run (cegatan) yang kerap dilakukan reporter di Indonesia.

Buku ini juga dilengkapi nasihat para pakar di bab empat. Nasihat umumnya berkisar dari masalah prosedur, kode etik, teknik, dan atmosfera. Istilah atmosfera adalah lingkungan atau kondisi saat wawancara berlangsung. Sebab, atmosfera juga tak bisa diabaikan karena bisa jadi wawancara batal lantaran situasi dan kondisi tak mendukung. Masalah atmosfera ini sangat tergantung kepada keterampilan personal reporter dalam mengendalikan kelangsungan sebuah wawancara sehingga narasumber merasa nyaman dan terbuka.

Dalam bab lima, baru dibahas soal teknis wawancara. Dari mulai wawancara untuk dokumenter, wawancara lewat satelit, wawancara lewat mobil hingga wawancara untuk program majalah udara. Dalam membahas teknik wawancara, Jim Beaman sangat detail dan rinci sehingga buku ini bisa menjadi buku pegangan. Sedangkan pada bab delapan dan bab sembilan masing-masing membahas cara dan teknik mengevaluasi hasil wawancara.

Buku ini juga dilengkapai bab informasi seputar buku-buku dan kaset panduan dalam wawancara, sekolah dan pusat-pusat pelatihan untuk mendalami jurnalisme radio hingga situs-situs di internet yang memuat panduan praktis cara membuat program radio. Untuk mempermudah pembaca memahami buku, Jim Beaman juga melengkapi bukunya dengan daftar istilah teknis.

Buku setebal 235 halaman ini tentu sangat bermanfaat bagi reporter pemula atau buat para jurnalis senior yang ingin mengasah keterampilan dan kemampuan wawancara. Jelas, wawancara bukan pekerjaan sambilan. Wawancara perlu diasah terutama bagi pengelola radio siaran yang mengklaim sebagai radio berita. Terakhir, tentu saja buku ini bukan hanya ditujukan buat reporter radio tetapi juga bermanfaat bagi reporter di media cetak atau di televisi, termasuk presenter yang harus tampil prima dan mengesankan dengan seni wawancara yang bernas dan cerdas.[]

Lenteng Agung, Agustus 2002

Comments

  1. hai zaya zadin tolong donk kasih tips jadi repoter aku sebagai penyiar pemula nech aku kok lum tau cara jadi reporter.
    jangan lupa main ke www.zadin.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Anda Berkomentar Maka Saya Ada

Popular posts from this blog

Anggota Dewan (Memang) Sontoloyo!

ANDA masih ingat kasus anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Max Moein yang diduga terlibat mesum dengan sekretaris pribadinya, Desi Fridiyanti. Belakangan Desi yang mengaku sudah tidak perawan lagi ini dipecat Max. Desi melalui LBH pembela kaum perempuan meminta pertanggungjawaban anggota DPR yang sebelumnya lebih dikenal berkarier dalam dunia periklanan ini. Foto Max juga beredar di internet tengah memeluk seorang perempuan tanpa baju. Dalam foto lain, Max tengah tidur pulas "kelelahan" dan di sampingnya seorang perempuan telentang sambil berpaling ke arah Max. Untuk menguji dua foto tersebut, Badan Kehormatan (BK) DPR dengan tujuan mencari "kebenaran" meminta pendapat ahli telematika Roy Suryo dan kedua foto panas tersebut diuji di Laboratorium Institut Teknologi Bandung (ITB). Hasilnya? Hanya anggota BK DPR yang tahu. Tapi daripada Anda meminta anggota BK untuk segera mengumumkan keputusan final atas perilaku anggota Dewan yang memang masuk kategori

Pak tua bijak di stasiun Depok Lama

TIGA hari belakangan ini, setiap sore hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Sangat deras sembari disoraki petir dan digoyang-goyang angin ribut. Sunggguh tersiksa setiap pulang kerja (kayak orang kantoran saja). Baju kuyup seperti perawan India jatuh cinta sambil mengitari pohon. Tubuh tambah menggigil disemprot kipas angin kereta bekas dari Jepang. Saya sejatinya paling tak tega bila ada ibu-ibu termasuk juga perempuan cantik di kereta nggak dikasih tempat duduk. Kali ini saya sangat tega dengan mengeksploitasi kedinginan. Saya memilih bergeming. Sekali-kali saya tidak berbuat baik, boleh kan? Nggak jahat kan? Saya juga tak mau dicap zalim kepada diri sendiri. Sumpah karena kondisi saya sangat kedingininan. Tuhan pasti tahu, batin saya. Perjalanan dari Stasiun Palmerah sampai Stasiun Depok Lama selayaknya perjalanan panjang dari Stasiun Gambir berakhir di Stasiun Tugu. Lama. Gelisah. Galau juga. Turun di Stasiun Depok Lama seperti orang kutub menemukan sinar matahari. Se

Kereta Jepang nularin maniak seks?

ADAKAH yang pernah melihat seorang perempuan cantik dan lumayan seksi uring-uringan atau marah-marah karena merasa dilecehkan di kereta commuterline terutama pada jam-jam sibuk? Kalau tidak berarti kamu bukan anker (anak kereta) atau KRL mania. Jam padat, pada pagi hari atau petang adalah saatnya para maniak seks beroperasi. Sasarannya perempuan kantoran yang roknya lumayan mini dan tentu saja bahenol nerkom alias bohay pisan. Bukan yang (maaf) tepos mutlak. Kadang begitulah pantat tepos juga masih ada untungnya. Bagi saya yang normal, apa enaknya ya gesek-gesek pantat orang. Tapi itulah kehidupan di dunia. Bagi kita yang normal kelakuan primitif mereka aneh. Tapi sebaliknya bagi mereka yang suka gesek-gesek pantat orang, perilaku orang normal yang tidak bisa memanfaatkan kesempatan memuaskan berahinya di tengah impitan dan dempetan penumpang justru dianggap abnormal. Gelo sia! Saya mengira perbuatan gesek-menggesek bahkan meremas-remas pantat orang di kereta itu hanya ada di f